Management Information System

Sistem Informasi-01
ENIE600024

Dr. Ir. M. Dachyar, M.Sc.

Monday, March 9, 2015

Tugas 3 - E-Commerce or Internet Marketing - A Business Review from Indian Context


Teknologi memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pada jasa yang disediakan pada unit bisnis. Selain itu, pertumbuhan teknologi Internet memiliki potensi yang sangat besar karena dapat mengurangi biaya pengiriman produk dan jasa, serta memperbesar batasan geografis dalam membawa pembeli dan penjual bersama-sama. Keuntungan ini menarik para pelaku bisnis untuk mulai memasarkan usahanya secara online, atau yang disebut dengan E-commerce. Salah satu media pemasaran pada E-Commerce yang sedang marak digunakan adalah Search Engine Marketing (SEM), yaitu sebuah bentuk dari periklanan web yang digunakan perusahaan untuk mempromosikan produk dan jasa mereka pada halaman tujuan search engine (SERPs). Menurut rakyat India berdasarkan hasil wawancara, kelebihan dari e-commerce adalah pemasaran yang spesifik langsung tertuju pada segmen yang diinginkan, lebih cepat dan lebih murah untuk melakukan kampanye penjualan langsung, parameter kesuksesan dapat diperhitungkan dan direncanakan, buka 24 jam sehari, serta efektif secara biaya dan berumur panjang. Sedangkan kekurangan dari e-commerce adalah tidak ada kontak langsung dengan produk yang ingin dibeli, ketergantungan akan teknologi, keamanan, isu privasi, biaya pemeliharaan karena lingkungan yang terus berkembang, transparansi yang lebih besar akan harga dan peningkatan kompetisi harga, serta kompetisi berskala dunia karena globalisasi.

1 comment:

  1. informasi yang sangat menarik ! terima kasih :)

    ReplyDelete